TOMBOL RUMPIN NEWS

Kurikulum Baru Untuk SD di tahun 2013


Seiring waktu, evaluasi terhadap kurikulum terus dilakukan, dan rencananya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengubah kurikulum KTSP 2006 dengan kurikulum baru yang akan mulai berlaku 2013. Proses ke arah pemberlakuan kurikulum baru itu sudah bisa dipastikan akan benar terjadi. Kurikulum pendidikan nasional yang saat ini masih digodok itu, jadwalnya akan mulai diberlakukan pada Februari 2013. Dan  nanti dalam kurikulum baru itu akan terjadi penyederhanaan jumlah mata pelajaran.

Kurikulum pendidikan nasional yang terbaru dengan konsep penyederhanaan jumlah mata pelajaran saat ini seddang terus digodok bersama tim dari pemerintah pusat dan sejumlah pakar pendidikan. Menurut rancangannya untuk siswa sekolah dasar (SD) hanya akan ada 7 mata pelajaran dari 11 mata pelajaran yang selama ini diajarkan di bangku sekolah dasar.

Direktur Jenderal Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Suyanto mengatakan tentang rencana pemberlakauan kurikum baru itu di Kompas (02/10). Menurut keterangannya  jumlah mata pelajaran yang mulai Februaru nanti diajarkan di SD meliputi 7 mata pelajaran. Inilah 7 mata pelajaran yang akan diajarkan untuk siswa SD di kurikulum pendidikan baru 2013:
  1. Pendidikan Agama
  2. Bahasa Indonesia
  3. PPKn
  4. Matematika
  5. Kesenian
  6. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan
  7. Pengetahuan Umum
Tambahnya khusus untuk mata pelajaran IPA dan IPS, Kemendikbud menilai kedua mata pelajaran itu belum perlu dipisahkan untuk jenjang SD. Diwacanakan, keduanya akan dilebur menjadi satu mata pelajaran bernama Pengetahuan Umum yang memiliki muatan yang terintegrasi dengan jenjang SMP dan SMA.

Dalam kesempatan sebelumnya Suyanto juga menyampaikan jumlah mata pelajaran di SD untuk kurikulum pendidikan baru ini akan lebih disederhanakan, takan etapi muatan materinya akan lebih mendalam. Hal ini berbeda dengan kondisi mata pelajaran di SD saat ini yang cakupannya terlalu luas, tetapi tidak sebanding dengan isi materi yang terkandung di dalamnya.

Alasan yang disampaikan bahwa dengan perubahan itu Kemendikbud memilih mata pelajaran yang lebih mengedepankan pembentukan sikap dan mengandung dasar-dasar mata pelajaran yang memiliki substansi pengembangan wawasan umum.  Kurikulum baru ini akan mulai disosialisasikan dan diuji publik sebelum Februari 2013, dan mulai berlaku pada tahun ajaran 2013-2014.