Sosialisasi Perubahan APBS Tahun 2012 di POOl UTARA Kecamatan Rumpin

RUDI,S.Pd (RUMPIN)

RUMPIN NEWS (Rabu, 21 Maret 2012), pelaksanaan sosialisasi RAPBS tahun 2012 untuk perubahan anggaran Triwulan 1 dan 2, hari ini dilaksanakan di SDN Malahpar Desa Sukamulya Kecamatan Rumpin Bogor. Peserta Sosialisasi adalah Para Kepala Sekolah dan Operator Sekolah se Pool Utara yang meliputi kuraglebih 24 SD Negeri dan 1 SD Suwasta (SDS An-Najah).

Acara yang dikomandoi Oleh Bapak Sarmili dan Bapak Ujang dari UPT. Kurikulum XVIII Rumpin ini dimulai pada pukul 10.00 WIB, sesuai dengan jadwal dalam undangan. Sebagai pembawa acara Pak Arih,S.Pd hanya mengantarkan acara saja, sedangkan pengarahan dari Kepala UPT. Kurikulum XVIII diwakili oleh Bapak Pengawas TK/SD yaitu Bapak Jaya Setianahroja, S.Pd,M.M. Dalam pengarahannya Bapak Jaya Setianahroja, S.Pd,M.M menyoroti tentang pentingnya sebuah rencana anggrana yang harus dirumuskan oleh sekolah. Kemudian dalam recana anggaran tersebut, harus pula dirancangan rencana penggunaanya.


Rencana anggaran yang dimaksudkan oleh Bapak Jaya Setianahroja tersebut adalah  RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah), yang pada hari ini akan disosialisasikan. Selain Bapak Jaya Setianahroja, S.Pd,M.M, pengwas TK/SD yang turut hadir dalam acara ini adalah Ibu Cutika, S.Pd, M.M.Mengakhiri pengarahannya Bapak jaya kemudian membuka secara resmi acara sosialisasi RAPBS ini dengan ucapan Bismillahirohmanirohim.

Sebagai narasumber yang menyampaikan materi Sosialisasi adalah Maneger BOS untuk wilayah Rumpin, Gunung Sindur dan Ciseeng, yang dikenal dengan panggilan akrabnya Pak Ade. 
 
Dalam memeluai penjelasannya, Pak Ade menguraikan beberapa “perubahan yang terdapat dalam Fom APBS yang baru ini. Diantaranya, pada APBS saat ini tahun yang dipakai adalah bukan tahun anggaran, melainkan tahun pelajaran. Penggunaan anggarannya pun berfokus pada 8 standar pendidikan. Dan legalitas APBS bukan lagi ditandatangani oleh Camat, melainkan oleh Kepala UPT Kurikulum.” Jelas Beliau.

Perbedaan lainnya juga terdapat pada diperbolehkannya menggarkan honor kegiatan guru yang menyangkut evaluasi, ektra kulikuler, dan kegiatan lainnya di luar belanja pegawai. Jadi yang dipatok 20 % dari anggaran BOS adalah hanya gajih tenaga honorer, tenaga administradi, penjaga sekolah, tenaga kebersihan, Satpam, yang bentuknya honor.” Lanjut Pak Ade.


Dari penjelasan dalam sosialisasi tersebut dapatlah disimpulkan, bahwa untuk menyusun APBS-P tahun 2012 ini, harus melelaui bebarap langkah pesiapan, yaitu ;

  1. Sitem yang harus digunakan dalam merepisi RAPBS adalah akses 2003.
  2. Siapkan data APBS yang lama yang sudah diadakan perbaikkan-perbaikan serta sudah diisi realisasi pembukuan sampai bulan Desember 2011.
  3. Siapkan PIN sekolah masing-masing yang sudah ada di UPT.
  4.  Kemudian isikan PIN tersebut ke FOM APBS bau, sehingga muncul FOM APBS Sekolah masing masing.
  5. Setelah itu klik pengisian awal, pilih input dari APBS lalu.
  6.  Klik RKAS-P, pilih buat dram baru.
  7. Setelah itu baru lakukan repisi sesuai kebutuhan sekolah masing-masing.
Acara sempat dihentikan untuk Istirahat dan Shalat dhuhur. Kemudian dilanjutkan kembali hingga pukul 14.00 WIB. Setelah acara Tanya jawab, maka acara pun ditutup oleh Bapak Arih, S.Pd selaku pembawa acara.

Berikut adalah contoh PIN atau Kode SD dan FOM APBS



0 comments:

DAFTAR ISI BLOG

Daftar Isi Blog Bulanan

 

Visits

Travel