Festival Dongdang Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2012

RUDI,S.Pd (RUMPIN)

Sabtu, 03 Maret 2012 (Rumpin News), hari ini dilaksanakan Festival Dongdang Kabupaten Bogor tahun 2012 dalam rangka merayakan Maulid Nabi Muhhamad SAW 1433 H, sekaligus melestarikan Budaya dari Kerjayaan Galuh Pakuan. Acara itu dimeriahkan dengan berbagai macam hidangan pangan dan potensi produksi sentra pangan Kabupaten Bogor yang dibawa oleh kecamatan-kecamatan se Kabupaten Bogor. 

Dongdang yang merupakan sebuah hiasan sajian makanan khas Bogor yang disimpan dalam berbagai tempat menyerupai rumah adat, keranjang atau bentuk hiasan lain yang digotong oleh orang-orang berkeliling di sekitar Pemda Kabupaten Bogor. Setelah diarak berkeliling, kanan dan segala hasil alam berupa buah, palawija, bahan sayuran dll itu dibagikan kepada semua masyarakat yang hadir di acara itu.

"Festival Dongdang pada tahun 2012 ini sengaja dirancang lebih meriah dibanding tahun lalu." begitu menurut keterangan salah seorang panitia pelaksana Festival Dongdang. Hal tersebut memang sangat terlihat jelas sekali bahwa dongdang-dongdang yang dibawa dari tingkat kecamatan se Kabupaten Bogor ini terlihat lebih banyak dan berpariasi dibanding tahun lalu.

"Semoga saja acara Festival dongdang ini bukan sekedar serimonial saja" Ujar salah seorang Kepala Sekolah yang hadir dari Kecamatan Rumpin. "Karena ini memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, maka yang penting adalah esensi ketauladanan Nabi Muhammad itu sendiri baik sebagai pribadi maupun sebagai Rasul menyebar agama Suci yaitu Agama Islam." Tambahnya.

UPT Kurikulum XVIII beserta staf UPT, Pengawas TK/SD dan kepala sekolah se Kecamatan Rumpin ikut hadir dalam perhelatan tingkat Kabupaten Bogor itu. Beserta perangkat Desa, Kecamatan dan beberapa Instansi di Wilayan Kecamatan Rumpin saling bahu membahu membuat dongdang sebaik mungkin untuk dipertontonkan dalam pestival dongdang tersebut.

0 comments:

DAFTAR ISI BLOG

Daftar Isi Blog Bulanan

 

Visits

Travel